Resep Kolak Pisang Santan Singkong. Manis, Gurih, Empuk dan Legiiit dengan Bahan yang Sangat Murah!

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Resep Kolak Pisang Santan Singkong. Manis, Gurih, Empuk dan Legiiit!

Kalo aku boleh jujur bund ya, sebenarnya aku belum pernah bikin kolak. tapi mamaku dulu suka bikin kolak pisang santan singkong ini hampir setiap hari, namun waktu itu bisa di bilang aku kurang begitu menyukainya tapi suka makan juga kalo mama bikin hehehehe...

Hari ini tidak tau kenapa aku kangen dengan masakan yang di bikin mamaku dulu, salah satunya ya kolak pisang ini dan akhirnya aku pergi ke pasar untuk membeli bahan-bahan seperti pisang, kolang kaling, dan singkong, aku modal nekat aja bund karena aku benar-benar tidak tahu bagaimana cara memilih singkong dan kolang kaling yang enak di bikin kolak, pokoknya aku pasrahin saja ke penjual langgananku di pasar.

Setelah jadi ternyata bikin kolak itu mudah banget bund ya dan rasanya alhamdullilah enak banget, percis dengan kolak yang di bikin mamaku dulu. pokoknya aku suka banget, kalo bunda tidak percaya silahkan bunda coba dengan resep di bawah ini :

Kolak Pisang Santan Singkong


Bahan-bahan

  • Pisang Kepok 800 gram
  • Gula Merah 300 gram atau sesuai selera
  • Daun pandan,simpulkan 3 lembar
  • Kolang Kaling 150 gram
  • Singkong 400 gram
  • Air Santan 1000 cc
  • Gula Pasir dan garam secukupnya, sesuaikan dengan selera ya
  • Vanilli bubuk 1/4-1/2 sendok teh

Cara Membuat Kolak Pisang Singkong Kolang Kaling Santan

  1. Kupas singkong, lalu cuci bersih kemudian potong-potong dengan ukurang si sesuaikan dengan selera, sisihkan
  2. Kupas pisang kepok, lalu potong-potong juga sesuai selera
  3. Rebus 300 gram gula merah denga 100cc air, lalu saring airnya, sisihkan
  4. Rebus kolang kaling sampai empuk, lalu tiriskan
  5. Rebus 1000cc air santan dengan air gula merah tadi, gula pasir, garam, vanilli bubuk, daun pandan di atas api sedang sambil terus di aduk-aduk sampai mendidih, lalu masukkan singkong dan kolang kaling dulu, kemudian setelah singkong sudah 1/2 matang, segera masukkan pisang kepoknya bund ya. diamkan sebentar sampai mateng dan jangan terlalu banyak di aduk setelah pisang masuk.

Selesai! Taraa kolak pisang santan singkong kolang kaling yang enak dan legit sudah jadi, dengan kuah yang begitu manis dan ada sedikit gurihnya berpadu dengan buah pisang yang legit serta kolang kaling yang menul menul siap bunda sajikan sebagai makanan penutup eummm nyam nyam, oia bund, kolak santan pisang ini bisa di sajikan dingin-dingin ya lebih segar, sesuaikan saja dengan selera bunda ya.

Resep & Foto by Tintin Rayner

sumber: http://www.monde.id/2016/08/resep-kolak-pisang-santan-singkong.html
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Resep Kolak Pisang Santan Singkong. Manis, Gurih, Empuk dan Legiiit dengan Bahan yang Sangat Murah! "

Post a Comment