Resep Bitterbalen Kornet Oregano Ala Resto. Cemilan Yang Lezat dan Bergizi

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Resep Bitterbalen Kornet Oregano Ala Resto. Cemilan Yang Lezat dan Bergizi

Snack Dutch Klasik,bitter balen ini adalah salah satu cemilan kesukaan anak-anak aku di rumah, berawal ketika anak aku masih kecil suka di ajak makan sama ayahnya ke salah satu resto jadul di kota semarang, yang katanya resto tersebut sudah ada sejak jaman belanda dulu.

Di situ ada bitter balen yang rasanya yummmy banget, namun sayangnya menurtku harganya cukup mahal dibandingkan dengan bahan-bahan yang di gunakan, aku taksir harganya bisa sampai 3-4 kali lipatnya dari harga bahan-bahan yang di gunakan hehehe...

Kita kembali ke topik utama bund ya, sebenarnya aku ini mau coba merecook parmesan toter tot ala mba Malka, tetapi berhubung di rumah lagi tidak ada stock kentang, karena menurut sepengetahuan aku toter tot itu harus ada kentangnya,kalo pakai variasi makaroni sudah bukan toter lagi namanya, dan akhirnya aku bikin bitterbalen makaroni hehehe, maklum bund penyakit keinginan banyak kambuh, tetapi isi lemari es yang tidak mendukung

Cara Bikin  Bitterbalen Kornet Oregano ini cukup gampang, dan penggunaan sayur di dalamnya bisa bunda ganti dengan selera masing-masing seperti Brokoli, Bayem, Wortel dan lain sebagainya atau pakai daging juga boleh seperti kornet, sosis, daging cincang!

Cemilan yang satu ini aku suka jadikan sebagai andalan kalo si kecil lagi males makan, dan aku tambahkan keju jadi nilai gizinya lebih banyak, yang bikin selera makan anak-anak makin menggebu-gebu hehehe, karena selain menyehatkan rasanya itu enaaak banget, Kulit yang crispy berpadu dengan makaroni yang kenyal-kenyal serta keju kornet yang gurih pake banget bund.
 jadi yuk kita simak resepnya di bawah ini :

Bitterbalen Kornet Oregano


Bahan-bahan

  • Bawang bombay,cincang halus 1/4 siung
  • Bawang putih haluskan 1 siung
  • Kornet sapi (paling enak merk Bernardi) 100 gram
  • Tepung segitiga biru 3 sendok makan
  • Susu Cair full cream 175 ml
  • Makaroni pipa,rebus 60 gram
  • Wortel potong dadu setengah batang
  • Keju Cheddar/parmesan parut 50 gram
  • Oregano kering 1 sendok teh
  • Garam, kaldu bubuk, merica, pala, gula pasir sesuai selera

Bahan Pelapis

  • Putih telur 1 butir lalu kocok lepas
  • Tepung panir yang warna orange secukupnya

Cara Membuat Bitterbalen Kornet Oregano

  1. Tumis bahan bawang dengan 2 sendok makan Margarin sampai tercium harum, lalu masukkan 1/2 batang wortel yang sudah di potong dadu kemudian di susul dengan 100 gram kornet, aduk sampai rata.
  2. Tuangkan campuran tepung terigu dengan susu sedikit demi sedikit sambil terus di aduk-aduk.
  3. Setelah itu masukkan 60 gram makaroni, 50 gram keju parut, 1 sendok teh oregano dan bumbu sesuai selera bund ya
  4. Ambil adonan sdikit, lalu pulung dengan berbentuk seperti bola-bola kecil, lalu gulingkan ke atas tepung panir kemudian celupkan ke dalam putih telor dan gulingkan kembali ke atas tepung panir, sisihkan.
  5. Panaskan minyak goreng di atas wajan lalu goreng adonan dengan api kecil sampai warnanya menjadi coklat keemasan atau sampai matang. angkat dan tiriskan.

Selesai deh! Kini Bitterbalen Kornet Oregano sudah jadi dan siap untuk bunda sajikan selagi masih hangat, alhamdullilah anak-anak nafsu makanya naik dan juga ayahnya ikut-ikutan, katanya enak hehehe

Sedikit Tips Snack Berpanir:


1. Sebelum digoreng bisa bunda masukkan dulu ke dalam kulkas sebentar saja, supaya tepung panir bisa lebih nempel melekat dengan kuat

2. Setelah di goreng jangan terus dibolak-balik bund ya. cukup 1 kali saja.

3. Sebelum di santap bisa bunda semprotkan saus mayo di atasnya, lalu taburi dengan peterseli dan bubuk paprika eummm nyam nyam.

Selamat mencoba

sumber: http://www.monde.id/2016/08/resep-bitterbalen-kornet-oregano-ala.html
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Resep Bitterbalen Kornet Oregano Ala Resto. Cemilan Yang Lezat dan Bergizi"

Post a Comment